Menikmati Indahnya Eksotimse Pantai Tanjung Lesung

Menikmati Indahnya Eksotimse Pantai Tanjung Lesung

Apabila Bali dikenal dengan Pantai Kute atau Sanurnya sebagai destinasi wisata yang paling banyak dibanjiri turis dari berbagai mancanegara, panorama pantai di Banten juga tidak kalah eksostisnya dari pantai-pantai di Bali. Tidak percaya? Berkunjung saja ke Pantai Tanjung Lesung. Pantai yang terletak di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang ini menyajikan keindahan pantai pasir putih sepanjang 13 Kilometer. Suasananya yang tenang dan sejuk, ditambah spot-spot yang eksotis, membuat pantai yang setiap tahunnya dikunjungi 250.000 pengunjung tak pernah sepi, terutama saat libur panjang atau akhir pekan.

Lokasi pantai indah ini dapat di tempuh dengan perjalanan sekitar 3 jam dari Jakarta dengan jarak tempuh 180 KM. Jika Anda melalui tol Merak, akan keluar di gerbang tol Serang Timur, lanjutkan ke arah Pandeglang, Labuan dan hingga terus ke obyek wisata pantai Tanjung Lesung. Alternatif lain adalah melalui kawasan Pantai Anyer, Pantai Carita dan lanjut hingga pantai indah ini. Namun, jika Anda berasal dari Kota Serang, hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam dengan jarak tempuh 80 KM.

Jerninya air laut ditambah dengan karang yang masih terjaga membuat siapa saja akan betah berlama-lama di pantai yang resmi dibuka tahun 1998 ini. Jika ingin melihat lebih dekat keindahan surga bawah laut Tanjung Lesung, pengelola pantai menyediakan fasilitas snorkeling dan diving bagi pengunjung. Selain air lautnya yang jernih dengan ombak yang tenang, area Tanjung Lesung yang luasnya mencapai 1500 hektar ini juga dihiasi bebukitan hijau yang tidak begitu curam.

Di sini terdapat bagian air laut yang menjorok ke pantai dan membentuk sebuah laguna, yaitu kubangan air yang menyerupai danau dengan luas 12 hektar dan kedalaman hingga 5 meter. Lantaran terumbu karang yang masih asri dan terjaga, pengunjung tidak diperkenankan berenang di area pantai Tanjung Lesung. Tapi tenang, Anda masih bisa bermain air atau sekadar membuat istana pasir, menaiki perahu untuk menyaksikan ikan-ikan kecil yang bermain di karang nan elok.

“Spot yang paling indah menurut saya duduk di dermaga sambil memperhatikan ikan kecil bermain di karang,” kata Dede Kurniawan, salah satu pengunjung dari Ciomas, Kabupaten Serang, yang mengaku tengah melakukan pengambilan gambar (baca: video) guna dokumentasi wisata di Banten. Bahkan menurut Dede, lantaran keindahan pantai Tanjung Lesung yang menawan, tak berlebihan jika Tanjung Lesung patut masuk dalam kategori wisata kelas dunia. Meski baru pertama kali ke Pantai Tanjung Lesung, namun keindahan pantai dengan airnya yang jernih, kontras dengan air laut yang biru menyala membuat siapa saja berdecak kagum. Sehingga, mengabadikan momen di Tanjung Lesung merupakan ‘ritual’ wajib yang harus dilakukan oleh setiap pengunjung.

Jika berniat bermalam di sini, Pantai Tanjung Lesung memiliki variasi akomodasi penginapan yang cukup beragam. Pengunjung bisa tinggal di losmen dan home stay dengan tarif terjangkau atau menginap di hotel dan resort di tepi pantai indah Tanjung Lesung. Dari hotel atau homestay, pengunjung akan dimanjakan dengan view yang memanjakan mata. Dari kawasan Resort inilah Anda bisa menikmati berbagai macam permainan air seperti jet ski, banana boat, open water diving, glass bottom boat, sea kayaking, pedal boat, dan snorkeling. Jika melihat kelengkapan akomodasi yang tersedia, tidak berlebihan jika Pantai Tanjung Lesung merupakan destinasi wisata  kelas dunia.

Seperti diberitakan di media massa, Kawasan Tanjung Lesung telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung Februari lalu. Hal ini karena kawasan Tanjung Lesung memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata. Bahkan, untuk mendukung kegiatan KEK Tanjung Lesung, pemerintah siap akan membangun bandara dan jalan Tol Panimbang guna memudahkan akses pengunjung ke Tanjung Lesung.

Pengembang Tanjung Lesung PT Jababeka Darmono mengatakan, pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung rencananya ditargetkan akan rampung pada lima tahun mendatang. Beberapa akomodasi penunjang yang akan dibangun di kawasan ini berupa lapangan golf, marina sebagai tempat bersandar yacht dan kapal pesiar terbesar se-Asia Tenggara, mini-zoo dan theme park. Selain menjadi alternatif destinasi liburan, Tanjung Lesung juga layak dipakai untuk kebutuhan Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE).

“Kami punya banyak tempat yang dapat memnuhi kebutuhan tersebut. Untuk mereka yang masih berada dekat-dekat dengan Jakarta tak perlu lagi mencari tempat meeting jauh hingga ke Singapura. Harga yang mereka tawarkan bisa jadi 10 kali lebih mahal,” kata Darmono pada peresmian KEK Tanjung Lesung beberapa waktu lalu.

Untuk memasuki kawasan Pantai Tanjung Lesung, Anda cukup merogoh kocek biaya masuk sebesar Rp. 40.000/ orang di hari biasa dan Rp.45.000/orang di akhir pekan. Biaya masuk yang harus Anda keluarkan sebanding dengan keindahan yang disuguhkan alam Pantai Tanjung Lesung. Selamat Berlibur.  []

Share :

Order form

 Your Order has been sent successfully. We will contact you as soon as possible.
Error: Please try again