Ikuti Rakornas Pariwisata, Banten Siapkan Pasar Digital

BY

Kementrian Pariwisata terus melakukan  terobosan dalam  menggenjot kunjungan wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Salah satu terobosan yang dilakukan adalah dengan mengenalkan Destinasi Digital. Peluncuran Destinasi Digital dilakukan bersamaan dengan persiapan  program Calendar of Event Wonderful Indonesia (CoE WI) 2018 dan sinkronisasi dengan industri pariwisata serta persiapan paket tour di masing-masing destinasi yang dikemas dalam paket tour Visit Wonderful Indonesia (VIWI) 2018.  

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan untuk mencapai target wisman 17 juta pada 2018, Kementrian Pariwisata berharap Destinasi Digital menjadi salah alternatif untuk memenuhi target tersebut. 

Arief menguraikan kemajuan teknologi informasi seperti media sosial, telah menggeser cara pandang wisatawan dalam mengeksplorasi setiap destinasi yang dikunjungi.  "Sekarang ini wisatawan sangat senang dengan selfie kemudian di update dan disebarkan," ujar Arief saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata, Selasa (12/11) Di Kota Kasablanca, Jakarta.

Menpar menekankan pada transformasi di sektor pariwisata seiring dengan perubahan jaman, menuju kondisi esteem economy.Sektor pariwisata dan seluruh stakeholders yang ada di dalamnya tidak boleh ketinggalan, mengingat customer-nya juga berubah dengan pesat. Digitalisasi menjadi kunci utama, sehingga muncul lah digital destination yang harus instagram-able, indah dipandang, nyaman bagi para wisatawan dan tentunya harus diviralkan.

"Destinasi Digital awalnya di inisiasi dengan kegiatan-kegiatan yg dilakukan oleh Generasi Pesona Indonesia (Genpi) dengan menggelar Pasar di beberapa titik.  Lho kok ini sukses, jadi trending topik," jelas Arief. "Saat saya teliti dan berdiskusi dengan pak Renald Kasali ini masyarakat Zaman Now butuh Self Esteem," tambah Arief. 

Karena itulah Arief menggulirkan Destinasi Digital pada 2018 dengan harapan bisa membuat 100 destinasi digital.

"Dengan peran media dalam menyampaikan informasi destinasi  berharap destinasi-destinasi digital  baru akan tercipta dan menambah minat wisatawan untuk berkunjung," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Banten Eneng Nurcahyati menyambut baik semangat  progran Kementrian Pariwisata terkait pengembanagan Destinasi Digital. "Insyallah bersama Genpi Banten kita siapkan Destinasi Digital. Hasil diskusi tadi, ada beberapa yang bisa segera di progres," ungkap Eneng. 

Eneng memaparkan, pihaknya sudah menyiapkan beberapa spot destinasi yang akan diusulkan ke Kemenpar terkait destinasi digital. Selain itu, Eneng juga optimis Provinsi Banten akan mampu merealisasikan berbagai program yang digulirkan oleh Kementrian Pariwisata di tahun 2018.  

"Tadi pak menteri menyampaikan tentang hot deals dan calender of event. Insyallah Banten bisa melaksanakan program program yang digulirkan oleh Kemenpar," jelas Eneng.

Rakornas Pariwisata ke-IV Turut hadir Menteri Perhubungan RI, Bapak Budi Karya Sumadi sebagai keynote speech, perwakilan dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah, perwakilan asosiasi dan industri pariwisata serta para pemilik brand dan artis partner co-branding Wonderful Indonesia. []

Hubungi Kami


Statistik Kunjungan


Kontak Kami