Walikota Tangsel Kukuhkan Pokdarwis Tangerang Selatan

BY

Walikota Tangerang Selatan Airin Rahmi Diani resmi kukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Tangerang Selatan, Jumat (15/12/2017) di Serpong, Tangerang Selatan. Airin mengatakan, Pokdarwis merupakan salah satu upaya pemerintah dalam melibatkan masyarakat dalam mengembangkan Pariwisata di Kota Tangerang Selatan.

"Melibatkan masyarakat akan jauh lebih efektif (dalam mengembangjan Pariwisata) dan Pokdarwis harus terus menggali potensi pariwisata yang ada diq Tangsel," ingkapnya saat memberikan sambutan pada kegiatan tersebut.

Airin memaparkan, meski kekayaan alam Kota Tangerang Selatan terbatas, sektor wisata kuliner dan wisata budayanya cukup potensial untuk dikembangkan.  "Sumber kekayaan alam sangat terbatas, tapi wisata kuliner tangsel luar biasa, yang memang berputar dibidang perdagangan dan jasa," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan Pokdarwis menjadi salah satu kunci keberhasilan pembangunan pariwisata di setiap daerah karena dengan melibatkan masyarakat masyarakat secara langsung.

"Salah satu keberhasilan dari pembangunan pariwisata adalah keterlibatan masyarakat dan disitu Pokdarwis hadir," ujarnya.

Eneng menambahka, Kota Tangerang Selatan punya banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan mulai dari wisata kuliner, Budaya hingga edukasi. terlebih Tangerang Selatan merupakan hinterland Cisadane sebagai Salah satu dari Banten 7 Wonders.

"Di Tangsel ini banyak potensi wisatanya, dengan hotel dan restoran, kuliner, serta budaya betawi, wisata edukasi seperti puspitek, Kampung Rimbun," jelasnya

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tangerang Selatan Judianto menerangkan, pembentukan Pokdarwis sudah diinisasi setahun sebelumnya demi menumbuh-kembangkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Pariwisata demi kemajuan daerah dan masyarakat itu sendiri.

"Kita butuh pergerakan Pariwisata secara massive dimulai dari tumbu kembanya kesadaran masyarakat akan pentingnya Pariwisata," terangnya.

Judianto menambahkan, saat ini Kota Tangerang selatan mempunyai beberapa sektor wisata yang diunggulkan diantaranya wisata edukasi, tekno wisata, dan wisata kreatif seperti pembuatan batik, clothing line hingga kuliner khas Tangerang Selatan.

“Semua itu kita dorong menjadi industri pariwisata baru dimana wisatawan bisa ikut dalam prosesnya selain wisata yang sudah ada," tambahnya.

Judianto berharap, dengan dikukuhannya Pokdarwis di Kota Tangerang Selatan akan banyak tumbuh kampung Pariwisata serta mampu mengangkat ekonomi kerakyatan.

"Melalui Pokdarwis kita berharap masyarakat lebih berdaya dari sektor pariwisata dan efek dominonya tentu terhadap peningkatan ekonomi di Tangsel," jelasnya. Pada kegiatan tersebut, ada 225 orang yang dikukuhkan sebagai anggota Pokdarwis.[]

Hubungi Kami


Statistik Kunjungan


Kontak Kami