Genjot Target Kunjungan Wisatawan, Dispar Banten Siapkan Buku Statistik Pariwisata Dalam Angka 2018

BY

Upaya Dinas Pariwisata Provinsi Banten dalam meningkatkan kualitas program kepariwisataan guna menarik kunjungan wisatawan secara maksimal dilakukan secara cepat dan efektif. Salah satu yang menjadi acuan dalam pencapaian target tersebut yaitu dengan menyiapkan Buku Statistik Pariwisata Dalam Angka 2018 yang kini tengah masuk dalam tahap penyusunan laporan akhir.

Kabid Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten Bambang Widjanarko menyebutkan, pihaknya sudah berkoordinasi dalam penyusunan Buku Statistik Pariwisata Dalam Angka 2018 yang siap memberikan informasi terhadap banyak hal dan bisa menjadi tolak ukur arah kebijakan dan program yang akan direalisasikan kedepannya oleh Dispar Banten.

“Kita akan mudah memetakan progres perkembangan destinasi wisata dan jumlah kunjungan wisatawan melalui data statistik yang sudah dikumpulkan secara valid di lapangan sehingga kita bisa tahu potensi sekaligus peluang yang bisa dikembangkan,” katanya saat menjadi Narasumber dalam Kegiatan Presentasi Laporan Akhir Buku Statistik Pariwisata Dalam Angka 2018 di Aula Dinas Pariwisata Provinsi Banten, KP3B, Kota Serang, Kamis (30/11).

Dijelaskannya, dalam statistik pariwisata Banten pada periode 2013-2017 mengalami tren peningkatan yang signifikan dan berdampak kepada semua sektor terutama pada peningkatan perekonomian daerah melalui bidang pariwisata. Dengan adanya data statistik tersebut pihaknya optimis bisa menentukan target pada kunjungan wisnus maupun wisman ke Banten.

“Pariwisata di Banten sangat prospektif apalagi Banten memiliki KEK Tanjung lesung yang sudah ditetapkan sebagai destinasi prioritas nasional menjadi 10 Bali baru yang menjadi magnet bagi wisatwan berkunjung ke Banten. Sektor Pariwisata juga bisa menjadi lokomotif dibandingkan dengan sektor lainnya sehingga dibutuhkan data statistik yang bisa mengukur keberhasilan kita dalam mencapai target,” jelas Bambang.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Banten Payundra Bayu Ajie mengatakan, data tidak hanya menentukan keberhasilan program melainkan menjadi arah kebijakan dari pimpinan yang menjadi dasar dan tolak ukur yang dapat dievaluasi. “Setiap program tentunya harus memiliki data yang akurat sebagai bahan evaluasi kedepannya sehingga dapat mengetahui seberapa jauh dampak dari program tersebut terhadap perkembangan destinasi maupun pergerakan kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Ia menambahkan, pengumpulan data yang melibatkan seluruh Dinas Pariwisata kabupaten/kota se Banten dan stakeholder terkait tersebut meliputi dari berbagai aspek seperti jenis destinasi, aksesibilitas, atraksi dan amenitas yang menjadi penunjang pada jumlah kunjungan yang dilakukan oleh wisatawan.

“Tentunya kita membutuhkan banyak dukungan dari berbagai instasi yang dapat mensukseskan pengelolaan data pariwisata daerah sebagai indikator yang dapat diukur dalam bentuk laporan kunjungan wisatawan ke destinasi wisata daerah masing-masing,” katanya.[]

 

Hubungi Kami


Statistik Kunjungan


Kontak Kami