Revitalisasi Kelar, Kawasan Banten Lama Segera Dibuka untuk Peziarah dan Wisatawan

BY

Kawasan wisata Banten Lama  bakal segera dibuka kembali untuk masyarakat umum. Wisata Banten Lama  itu saat ini telah selesai direvitalisasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten.

Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim di halaman Masjid Banten Lama, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Jumat (1/2/2019).

Di halaman masjid kuna tersebut, Wahidin Halim memimpin rapat bersama seluruh Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Lingkungan Pemprov Banten. Mereka membahas Revitalisasi kawasan Banten Lama.

Turut hadir dalam rapat tersebut  Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Ino S Rawita, dan seluruh Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Banten.

Saat itu, Gubernur Banten Wahidin Halim memerintahkan, untuk segera membuka Kawasan Banten Lama yang telah selesai direvitalisasi.

Meskipun masih ada di beberapa bagian yang masih dirapikan atau dalam tahap penyelesaian,  kawasan Banten Lama sudah bisa dibuka untuk umum.

"Segeralah dibuka, jangan lagi dipasang pembatas. Masyarakat itu sudah antusias, pengen selfie, foto-foto," ucap Wahidin Halim, Jumat (1/2/2019).

"Mereka penasaran pengen liat perbedaan Banten Lama ini. Kan, kita sudah sebar berita seantero negeri, bahkan sampe luar negeri," ujarnya lagi.

Wahidin Halim menilai, revitalisasi Kawasan Banten Lama membuka kembali gairah wisata religi yang ada di Provinsi Banten.

"Banyak orang dari mana-mana sudah sangat penasaran dengan Banten Lama. Bahkan ada yang dari Riau, ke sini cuma mau liat wajah baru Kawasan Banten Lama," ucapnya.

"Banyak masyarakat berbondong-bondong datang untuk lihat. Tapi mereka kecewa karena belum dibuka, ya udah segera dibuka," ucapnya lagi.

Selanjutnya, dia menyampaikan bahwa kedepannya daerah sekitar kawasan Banten Lama akan ditata rapi layaknya Kota Madina di Arab Saudi.

Selain itu, Wahidin Halim mengarahkan supaya area ziarah untuk dilebarkan lagi aksesnya sehingga mempermudah aktivitas ziarah yang dilakukan masyarakat.

"Nanti bisa kita pasang speaker di sudut-sudut, kita mainkan lagu sholawat supaya suasana serta nuansa keagamaan lebih terasa" kata pria yang akrab disapa WH ini.

Sementara itu, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menambahkan bahwa setelah selesai semua revitalisasi, pemeliharaan adalah fokus selanjutnya.

Andika Hazrumy juga akan fokus memerhatikan para pedagang kaki lima yang sebelumnya direlokasi agar bisa kembali berjualan.

Para pedagang kaki lima itu selama ini mendapatkan penghasilan dari menawarkan barang dagangannya kepada para pengunjung kawasan Banten Lama.

Sedangkan, Pj Sekda Ino S. Rawita mengatakan, revitalisasi merupakan langkah besar untuk Provinsi Banten.[]

 

Hubungi Kami


Statistik Kunjungan


Kontak Kami