Jelajahi Spot Kesultanan Banten, Funbike Heritage Kota Serang Siap Manjakan Wisatawan

BY

Selain keindahan alamnya, Banten juga memiliki beragam spot bersejarah yang menarik untuk dijelajahi. Menariknya, Kawasan Keraton Kesultanan Banten dipilih menjadi lokasi event Funbike Heritage Kota Serang. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan warisan Budaya Keraton Kesultanan Banten. Funbike mengambil start dan finish di Museum situs kepurbakalaan, Banten Lama, 30 Juni  2019.

Funbike Heritage Kota Serang diikuti para goweser dari komunitas sepeda kab/kota di Provinsi Banten, perwakilan OPD Kota Serang dan Jabodetabek lainnya. Keunikan warisan budaya Keraton Kesultanan Banten, dijamin membuat wisatawan terkagum-kagum. Karena tidak dapat ditemukan di destinasi wisata lainnya.

Destinasi wisata yang dilewati funbike antara lain Keraton Kaibon, Masjid Agung Banten, Masjid Pecinan Tinggi, Vihara Avalokitesvara dan Benteng Speelwijk.

Selama lomba, peserta diperkenalkan keunikan dan kekhasan masing-masing situs. Peserta juga  diajak untuk selfie. Tujuannya, destinasi-destinasi ini nantinya dipromosikan melalui media sosial masing-masing  peserta. Hasilnya dilombakan dan dinilai oleh dewan juri.

Menurut Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung, Funbike Heritage adalah salah satu strategi untuk memulihkan kepercayaan terhadap pariwisata Banten. Bahwa, Banten sudah aman dan nyaman sebagai destinasi wisata. Apalagi Kawasan Keraton Kesultanan Banten tidak terdampak langsung tsunami Selat Sunda 22 Desember 2018. 

"Funbike Heritage Kota Serang bukanlah event olahraga semata. Tetapi, juga etalase untuk memperkenalkan keunikan warisan budaya Kesultanan Banten. Pasalnya, keunikan warisan Budaya ini menjadi kekuatan tersendiri yang dimiliki oleh Kota Serang dan Banten untuk pencapaian target kunjungan wisatawan baik Mancanegara maupun nusantara," tutur Adella.

Sementara Kepala Bidang Pemasaran Area DKI & Banten Ni Komang Ayu Astiti meyakini jika event Funbike Heritage ini akan menjadi sajian berkelas. Event yang banyak diminati peserta dari luar wilayah Banten. Dirinya pun berharap event ini akan membuat pariwisata Kota Serang akan cepat pulih pasca tsunami.

"Warisan Budaya sebagai destinasi wisata, tentunya perlu pengelolaan khusus dan sinergi dengan semua stakholder pariwisata Indonesia agar tetap memperhatikan prinsip-prinsip," tutur Komang Ayu.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan Funbike Heritage adalah upaya untuk melestarikan budaya.

"Banten sangat kaya dengan budaya. Termasuk situs budaya. Hal ini harus terus dijaga dilestarikan dan dikenalkan di dunia luas. Keputusan menggelar Funbike Heritage. Karena, banyak cagar budaya yang diangkat ke wisatawan," papar menteri lulusan Telematika di University of Surrey Inggris itu.[]

Hubungi Kami


Statistik Kunjungan


Kontak Kami