Festival Pesona Tanjung Lesung 2019 Siap Digelar, Dimeriahkan Rhino X-Triathlon

BY

Perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung 2019 kembali digelar pada 27-29 September mendatang di kawasan Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, FPTL 2019 akan dimeriahkan dengan berbagai event menarik seperti Rhino X-Triathlon, Rhino Edu, Rhino Camp, Rhino Trip, bazar, pameran budaya, musik, dan pertunjukan kesenian setempat. Agenda utama event ini ialah kejuaraan terbuka triathlon lintas alam pertama di Indonesia, Rhino Cross Triathlon dan Mountain Bike Cross Country Marathon (MTB XCM). Selain itu, para pengunjung bisa melihat beragam pameran seni dan budaya.

Pada kejuaraan Rhino X-Triathlon, para peserta akan menyusuri pantai, hutan dan sawah dengan bebegig-nya (orang-orangan sawah). Sementara itu, kolecer (kincir angin) yang riuh akan banyak dipasang di sepanjang jalan yang dilalui. Festival yang bertujuan untuk mendorong peningkatan kunjungan wisatawan di pantai tersebut juga akan diramaikan dengan festival bebegig dan kolecer, dan pameran 7 Wonders of Banten. 

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, acara ini masuk ke dalam kalender event pariwisata nasional. Festival tersebut juga bagian dari upaya untuk mengenalkan ragam destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pandeglang. Dengan begitu, kunjungan wisatawan ke Pandeglang akan meningkat. 

“Ini juga langkah pemulihan wisata di Tanjung Lesung pascatsunami Selat Sunda. Kita berharap melalui event ini, geliat Tanjung Lesung terus kembali bangkit,” ungkapnya.

Dijelaskan Eneng, ada tiga hal yang dapat memajukan pariwisata, yaitu, atraksi, akses, dan amenitas. Untuk akses, Pandeglang sedang mengembangkan jalan tol panimbang, apalagi Pandeglang memiliki ratusan objek wisata dan puluhan pulau  yang harus dikembangkan. Saat di Tanjung Lesung, para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai Tanjung Lesung, sekaligus menikmati momen-momen sunset nan elok dan romantis. Di tempat yang sama, pengunjung bisa bermain standup paddle board, kayak dan joy sailing. 

Sekadar diketahui, Perhelatan Festival Tanjung Lesung merupakan kerjasama antara Pemprov Banten, Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Kementrian Pariwisata, PT. Banten West Java, serta seluruh stakeholder Pariwisata yang ada di Banten. Tanjung Lesung merupakan lokasi pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang diresmikan  Presiden Joko Widodo tahun 2015 lalu. Presiden Joko Widodo dan Kemenpar telah menetapkan 10 Bali Baru. Kesepuluh tempat itu adalah Danau Toba (Sumut), Bangka Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu, dan Kota Tua (DKI Jakarta). Lainnya adalah Candi Borobudur (Jateng), Bromo-Tengger-Semeru (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).[]

Hubungi Kami


Statistik Kunjungan


Kontak Kami