Pemprov Banten Minta Objek Wisata Ditutup Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Pemprov Banten Minta Objek Wisata Ditutup Saat Libur Natal dan Tahun Baru
Untuk mencegah kerumunan dan penyebaran Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meminta objek wisata di wilayahnya ditutup sementara saat libur Natal dan Tahun Baru 2021.

Sebagaimana diketahui, hampir seluruh destinasi wisata terutama yang berada di daerah pesisir pantai menjadi tujuan para wisatawan terutama pada saat merayakan malam pergantian tahun.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Agus Setiawan mengatakan, Pemprov Banten telah mengirimkan surat terkait penutupan lokasi wisata kepada pemerintah kabupaten/kota namun hanya bersifat imbauan. Sebab, menurut Agus, pelaksana teknis berada di bupati dan wali kota.

“Kami meminta kepada kabupaten/kota agar melakukan rapat kordinasi dengan instansi terkait untuk membahas soal libur Natal dan Tahun Baru,” kata Agus Setiawan di Serang, Selasa (22/12/2020).

Menurut Agus, kalau pun objek wisata dibuka, para pengelola wisata dan perhotelan di daerah pesisir harus bisa menjamin protokol kesehatan berjalan dengan baik.

“Jika terjadi kerumunan pemerintah daerah bisa kena sanksi. Kami tidak akan mengeluarkan izin keramaian saat libur akhir tahun. Kalau ada keramaian kan bisa dibubarkan oleh petugas,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolda Banten Irjen Pol Finadar mengatakan segala kegiatan yang menimbulkan kerumunan terutama di lokasi wisata akan ditindak tegas.

Fiandar menegaskan, pihaknya bersama tim Satgas Penanganan Covid-19 akan melakukan monitoring dan penyelidikan objek wisata dan perhotelan yang terindikasi akan menggelar acara yang mengundang kerumunan massa.

“Kalau terjadi kerumunan akan dibubarkan dan langsung angkut,” tegas Fiandar.[]

Share :